4 Mar 2015

Manfaat Rumput Teki

Assalamuaikum..

Rumput teki merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman liar yang seringkali hanya dianggap sebagai tanaman tak berguna dan pengganggu. Padahal, ada banyak sekali kandungan manfaat yang terdapat pada tanaman ini. Di India dan Cina, tanaman rumput teki ini telah sering dimanfaatkan sebagai ramuan obat alami, tetapi sayangnya di Indonesia masih jarang ada orang yang memanfaatkannya. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli, rumput teki ternyata memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan anda. Dan kandungan-kandungan itu, banyak terkandung di dalam umbinya. Zat-zat yang terkandung pada umbi rumput itu ialah: Alkaloid, Flanoid, Sineol, Penon, Siperon, Rotunal, Siperenon, dan Siperol. Zat-zat inilah yang pada dasarnya sangat berguna bagi kesehatan anda.
Untuk mengetahui manfaat rumput teki ini, berikut kami hadirkan 4 manfaat dan khasiat rumput teki untuk kesehatan anda:

1. Melancarkan Siklus Haid
Bagi kaum hawa yang sering sekali terganggu dengan siklus haid yang tidak lancar, barangkali bisa mencoba khasiat yang terdapat pada rumput teki. Karena, ternyata rumput teki memiliki manfaat untuk melancarkan siklus dengan cara membantu proses peleburan hormone. Cara untuk memanfaatkanya pun ternyata mudah, yaitu dengan cara memilih rumput teki yang masih baik dan membersihkannya, lalu merebusnya. Dan terakhir, air rebusan tadi bisa diminum ketika haid tidak lancar.

2. Obat penurun demam
Di musim penghujan seperti ini, banyak sekali orang yang rentan terserang demam. Tetapi anda tak perlu khawatir. Karena, anda bisa mengatasi hal dengan memanfaatkan rumput teki yang tumbuh disekitar rumah anda. Selain karena murah, caranya cukup praktis. Yaitu dengan cara menumbuk rumput teki yang telah bersihkan. Kemudian, campurkan dengan sedikit air hangat dan kompreskan di dahi anda sebagai penurun demam.

3. Obat pereda luka
Ternyata, rumput teki juga bermanfaat sebagai obat pereda rasa sakit pada luka. Caranya memanfaatkannya pun mudah. Yaitu, bersihkanlah rumput yang telah dipilih dan tumbuklah secara kasar saja. Kemudian, balurkan rumput yang telah ditumbuk tadi bagi bagian yang terluka. Tunggu hingga luka mengering.

4. Mengobati gangguan saluran pencernaan
Jika anda sering disering sembelit, anda patut mencoba khasiat dari rumput teki. Karena, rumput teki juga mengandung khasiat untuk mengobati gangguan saluran pencernaan. Caranya ialah dengan merebus rumput teki yang telah dibersihkan dan meminum air rebusan tadi.
Wassallam..

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang SOPAN